Root pada perangkat android bermanfaat dan berbahaya


Root pada perangkat Android Bermanfaat dan Berbahaya


                        Pengguna perangkat android pasti sudah tidak asing dengan kata-kata root. Tapi apa sih root atau proses rooting itu...lalu apa kah aman....???.

Rooting merupakan proses untuk mendapatkan kendali penuh atas suatu perangkat android yang artinya jika kita mengroot android punya kita, kita bisa dengan mudah memodfikasi perangkat android kita. Tapi kenapa suatu vendor tidak langsung menyertakan suatu andoid yang sudah di root pada paket pembelian...???. Jawabannya suatu vendor memang sengaja menutup akses ke root secara default suapaya perangkat android yang kita punya dapat berjalan dengan stabil mengingat proses root ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang sudah ahli dan tidak di anjur kan untuk pengguna yang baru mengenal android secara dangkal, karena jika dalam proses root itu kita gagal perangkat android tersebut kinerjanya akan akan terganggu atau yang paling parah mati total. Tetapi jika tetap ingin melakukan root ada beberapa bahaya yang harus siketahui yaitu :
1.      Kehilangan garansi dari vendor
Kalau perangkat android kita mengalami kerusakan akibat proses modifikasi sistem yang salah satu syaratnya harus di root, maka pusat layanan purna jual berhak untuk menolak klaim garansi yang kita punya.
2.      Kerentanan keamanan
Perangkat android kita akan semakin rentan dari kemungkinan pengambilan sistem atau pencurian data oleh program jahat seperti malware atau spyware.

Tapi biarpun proses root sangat berbahaya, root juga memiliki manfaat yaitu :

1.      Dapat menginstall aplikasi atau game yang memerlukan proses root
Contoh aplikasi yang membutuhkan root :
-App2sd yang memungkinkan kita untuk memindahkan aplikasi yang teristall di memory telepon ke memory eskternal
-Titanuim Backup dapat digunakan untuk membackup semua aplikasi yang terinstall termasuk data setting yang terdapat di dalamnya
Dan kita bisa memainkan game yang memerlukan proses root dengan leluasa seperti game yang saya pernah mainka yaitu game TAP-TAP REVENGE game musik yang asik dimainkan. Jika perangkat kita belum di root musik yang ada di game ini hanya sedikit dan jika ingin menambah lagu harus membeli terlebih dahulu tapi jika sudah di root kita dapat membah lagu-lagunya tanpa harus membelinya karena file lagunya tingga kita masukkan ke dalam sistemmnya.



2.      Dapat mengisntall costum Rom
Costum Rom adalah sistem operasi yang sudah di modifikasi oleh komunitas pengenbang. Kelebihan cotum rom ini perangkat kinerja perangkatandroid menjadi lebih baik dari keluaran pabrik, baik multitasking dan main game menjadi lebih lancar.


3.      Dapat menghapus aplikasi bawaan pabrik
Menghapus alikasi bawaan pabrik harus sangat hati-hati karena salah hapus saja perangkat kita bisa mengalami error, tetapi jika kita sudah mendalami semua dan yakin kalau ada aplikasi yang tidak kita butuh kan sebiknya di hapus karena dapat memperluas ruang internal memory android kita.
Pada akhirnya proses root sendiri ada di tangan usernya jika kita sudah puas terhadap kinerja andorid kita lebih baik tidak perlu di root, tetapi jika kita ingin lebih dari andorid biasa sebaiknya kita dalami lebih lanjut sebelum melakukana proses rooting.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Root pada perangkat android bermanfaat dan berbahaya"

Posting Komentar