3 masalah pokok ekonomi

Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Masalah yang ada dalam ekonomi ada 3 yakni :

Apakah barang dan jasa yang harus diproduksi? (What).
Apa yang akan diproduksi (What) Jika masyarakat menginginkan suatu barang tertentu, maka diproduksilah barang tersebut, sehingga hasil produksi bisa terserap oleh masyarakat. Karena keterbatasan sumber daya faktor produksi, maka harus hal yang tidak mungkin akan memproduksi sebanyak-banyaknya, maka harus dilakukan pemilihan barang apa yang harus diproduksi serta berapa jumlahnya maupun barang bakunya. Kita ambil contoh sarana transportasi darat semisal bis. Bis diproduksi karna adanya yang menggunakan transportasi umum

Bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan / diproduksi (how).
Bagaimana proses produksinya (How) Hal ini sangat tergantung dari ketersediaan sumber daya faktor produksi dari setiap wilayah/negara. Bagi negara maju akan menggunakan faktor produksi padat modal dengan teknologi majunya, sementara bagi negara yang berkembang akan menerapkan teknologi menengah tanpa mengesampingkan pendayagunaan sumber daya manusia yang ada sehingga tidak terjadi pengangguran yang tinggi. Apabila permintaan tinggi maka penggunaan teknik yang modern akan menaikkan efisiensi, begitu pula sebaliknya. Misalnya dengan menggantikan produksi manual dengan produksi secara mesin. Cara ini bisa mempercepat produksi, menghemat bahan mentah dan sebagainya, sehingga bisa menghemat biaya produksi dan bisa memenuhi kebutuhan lebih banyak.

Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksi ? (For Whom).
Untuk siapa hasil produksi ditujukan (for Whom) Pertimbangan ditujukan bagaimana caranya agar hasil produksi dapat memenuhi kebutuhan utama masyarakat serta dengan tingkat harga yang terjangkau oleh masyarakat yang menjadi pangsa pasarnya. Misalnya ada barang yang khusus untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, kemudian barang khusus untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah dan seterusnya.

Setiap Negara pastinya menganut Sistem Ekonomi, bagaimanakah dengan Negara kita ini?
Negara kita ini menganut Sistem Demokrasi. Pada sistem ini pemerintah dan seluruh rakyat baik golongan lemah maupun pengusaha aktif dalam usaha mencapai kemakmuran bangsa. Selain itu negara juga berperan dalam merencanakan, membimbing, dan mengarahkan kegiatan perekonomian. Dengan demikian terdapat kerjasama dan salaing membantu antara pemerintah, swastw, dan masyarakat.

sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_ekonomi
http://www.crayonpedia.org/mw/BSE:Pelaku-Pelaku_Ekonomi_Dalam_Sistem_Perekonomian_Indonesia_8.2_%28BAB_15%29
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/04/1-definisi-dan-metologi-ekonomi-2-masalah-pokok-ekonomi-dan-pengaruh-mekanisme-harga-3-sistem-perekonomian/

Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "3 masalah pokok ekonomi"

  1. Ryano Azumi Kunnichiwa Kunnichiwa says:
    5 Februari 2013 02.22

    Thx bro materi dan informasi'a
    sangat bermanfaat :)

    Kunjungi balik ya di blog saya
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/

    makasih

Poskan Komentar